Yamaha Mio M3 pakai oli encer 0w 20? 5w 30? Atau 10w 40?

Bagi kalian pengguna motor matic yamaha mio m3 saya ingin sharing pengalaman selama menggunakan beberapa jenis oli mesin. Mulai dari yang paling encer 0w 20, lalu menggunakan 3w 30 sampai yang standar yaitu 10w 40.
Oke langsung saja kita mulai dari yang paling encer dan yang paling mahal oli dengan keenceran 0w 20. Saya menggunakan merek oli untuk mobil, karena buat motor susah sekali ditemui oli dengan spek ini. Setelah pakai oli ini yang pertama kerasa yaitu suara mesin yang lebih keras dari biasanya, tarikan juga lebih ringan. Tapi yang mengejutkan saat  mengganti oli 3 bulan berikutnya. Oli berkurang lebih dari setengah liter. Mungkin ring piston motor tidak begitu rapat sehingga konsumsi oli jadi berlebih.
Kemudian untuk oli dengan keenceran 5w 30 saya juga pakai yang untuk mobil, kenapa? Karena berbeda dengan motor bebek atau motor sport yang menggunakan kopling didalam mesin. Motor matic memiliki kopling diluar mesin sehingga aman untuk menggunakan oli mobil. Saat memakai oli ini tarikan enteng hampir miriplah dengan oli yang 0w 20, suara mesin lebih halus. Dan ketika penggantian oli berkurangnya juga masih dalam batas wajar tidak begitu banyak berkurang.
Terakhir adalah oli yang paling umum dijumpai yaitu dengan kekentalan 10w 40. Kalau menurut saya pribadi dengan oli ini suara mesin halus tarikan juga biasa biasa saja.
Terus kalau ada yang masih bingung bisa ga sih oli mobil dipakai buat motor? Jawabannya tentu saja bisa kalau motor kalian tidak menggunakan kopling basah. Seperti Jupiter kawan saya yang memakai oli mobil buat motornya, bukannya tambah kenceng tarikannya tapi selip kopling koplingnya.

Comments

Popular posts from this blog

MENGENAL ARTI KODE PADA BAN

MENYETEL KEKENCANGAN TALI KIPAS