Rabu, 16 Januari 2013

KETIKA BANJIR MERENDAM MOBIL


Musim hujan seperti sekarang yang tidak menentu sering kali mendatangkan banjir, dan ketika mobil yang sedang diparkir entah di pinggir jalan, atau di garasi terendam air jangan panik, begitu banjir surut segera lakukan langkah pemeriksaan.
1.       Jangan menyalakan mesin
Jika dipaksa mesin dinyalakan, air dapat memicu kerusakan, seperti korsleting dan mesin macet akibat oli tercemar air.
2.       Cek ECU
ECU adalah komputer yang mengatur berbagai komponen di mobil, jika ECU mobil sampai terendam akan sangat berbahaya karena jika kunci kontak nekat diputar dapat mengakibatkan komponen elektronik di dalamnya terbakar akibat arus pendek. Jika bagian ini sudah terendam sebaiknya memanggil mobil derek.
3.       Periksa alternator
Alternator adalah bagian yang mesti dicek karena posisinya yang di bawah keerap terendam air banjir terlebih dahulu. Hal yang harus dilakukan adalah menghilangkan sisa air yang menempel dengan menggunakan kompressor.
4.       Saluran udara
Jika mobil sampai terendam, Anda juga harus memeriksa saluran udara yang masuk intake manifold, kalau filter udara basah, ada kemungkinan air masuk ke ruang bakar. Hal seperti ini dapat menimbulkan kerusakan di internal mesin.
5.       Kondisi oli
Oli yang tercampur air akan berkurang kemampuan pelumasannya. Jika mobil sampai terendam banjir, ada baiknya langsung mengganti seluruh oli di mobil, meliputi oli gardan dan transmisis. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi kerusakan di kemudian hari akibat oli yang tercemar air yang tidak terdeteksi.
6.       Kaki-kaki
Pengecekan kaki-kaki bisa dilakukan setelah melakukan perbaikan pada sistem kelistrikan dan mesin. Air yang merendam mobil dapat merusak bearing roda. Air akan masuk ke dalam bola atau bantalan bearing dan dapat merusak gemuk pelumas atau membuat bearing berkarat.
Sistem juga perlu diperhatikan, air dapat mengkontaminasi cairan rem dan membuat kaliper berkarat. Komponen tersebut akan macet dan tidak bisa menekan kampas rem dengan sempurna.

1 komentar: