Sabtu, 03 November 2012

UPDATE DRIVER VGA DONGKRAK PERFORMA


Mungkin bagi sebagian orang, update driver itu hal yang tidak terlalu penting. Tapi sebenarnya update driver itu sangat bermanfaat, misal untuk mendongkrak performa, untuk mengefisiensikan power dari hardware yang bersangkutan, dan untuk menjalankan aplikasi dengan kebutuhan driver versi terbaru.
Sebagai contoh, laptop saya menggunakan Intel Core i3, RAM 1 Gb, dengan video Intel HD Graphic yang hanya dilengkapi VRAM 64 Mb dan 186 Mb dari memory utama.
Ketika driver VGA masih standar (Intel HD Graphic 8.15.10.2119), pada Windows Experience Index nilainya 3,8 untuk Graphic dan 5,1 untuk Gaming Graphic (nilai maximum 7,9)






Setelah driver VGAnya saya update dengan Intel Processor Graphic 8.15.10.2662, nilai pada Gaming Graphic 5,2 atau naik sekitar 1,26%.


Kemudian untuk meningkatkan performa, bisa juga dengan cara sebagai berikut
•    Mengubah visual efek
Dengan mengubah visual efek ke paling dasar dapat, sehingga mengurangi penggunaan hardware yang bersangkutan.
•    Menggunakan flash disk sebagai ReadyBoost
Dengan cara ini, flash disk yang digunakan sebagai readyboost akan berfungsi sebagai cache tambahan, sehingga beban pada memory bisa dikurangi dengan adanya readyboost ini.
•    Meningkatkan virtual memory.
Yaitu dengan cara mengubah settingan pada Advance System Properties yang ada pada Windows. Virtual memory ini menggunakan hard disk sebagai resourcenya.
            Sementara untuk meningkatkan performa VGA yang jenis onboard seperti ini secara signifikan bisa dengan upgrade memory utama. Ini dikarenakan semakin besar memory utama yang digunakan semakin besar juga memory yang di share ke VGA, sehingga berdampak pada meningkatnya performa graphic processor yang digunkan. Saya menyarankan jika memory yang Anda gunakan 4 Gb atau lebih. Sebaiknya menggunakan Sistem Operasi dengan arsitektur 64 bit, OS 64 bit lebih efisien dalam penggunaan memory. Sehingga jika menggunakan OS 64 bit total keseluruhan performa akan meningkan lebih dari 9% dari pada menggunakan OS 32 bit.

1 komentar:

  1. Saya Punya Laptop dengan Momory 2Gb, VGA On Board 128Mb, Jika Memory saya tambah jadi 4Gb kemudian saya Setting VGAnya di Bios Shared menjadi 256Mb, ada pengaruhnya gk sama Motherboard cepat panas atau Bisa Rusak...??
    soalnya takutnya Motherboardnya Rusak karena Memorynya dibesarkan

    Terima kasih

    BalasHapus