Sabtu, 24 November 2012

WASPADAI BUSI PALSU

busi-palsu1Busi, kata busi berasal dari Bahasa Belanda bougie atau dalam Bahasa Inggris disebut spark plug. Tugas busi yaitu untuk memercikkan api agar campuran udara dan bahan bakar dalam ruang bakar dapat menyala. Sebagian orang kadang melupakan spare part yang satu ini, fungsinya sangat besar dalam mempengaruhi tenaga dan efisiensi bbm, mungkin ada yang belum tahu bahwa dipasaran juga terdapat pula busi palsu. Jika busi palsu ini digunakan, besar kemungkinan mesin akan mbrebet hingga ECU rusak. Untuk itu, kita harus mengenali ciri busi palsu, pertama mulailah dari tulisan merek. Jika tulisan merek miring-miring atau tulisan sablonnya tidak terang dan cenderung kusam. Kemudian dari kemasan busi itu sendiri, jika kemasannya terlalu terang atau redup dan komposisinya tidak pas, mulailah curiga busi itu adalah palsu.

Setelah itu cobalah tulisan pada busi dikorek pakai kuku, jika terkelupas dapat dipastikan jika busi itu palsu. Elektroda, drat, kepala busi sudah tidak rapi atau tekukan U pada elektroda netralnya sudah tidak sesuai, lebih baik tinggalkan saja.

Efek dari penggunaan busi palsu yang paling mudah dicermati adalah tenaga mesin akan langsung drop, emisi gas buang jelek daripada sebelum ganti busi. Efek yang lain adalah pada ECU, mesin-mesin sekarang banyak yang ECU-nya sensitif, jadi asal ganti busi dapat mempengaruhinya. Busi palsu pada mobil otomatis dapat mempengaruhi perpindahan transmisinya, transmisi terasa kasar saat berpindah gigi bahkan tidak mau pindah sama sekali. Bahaya yang lain yaitu pada busi itu sendiri, busi palsu tidak sepresisi atau sebaik busi asli dalam hal mutunya, bisa saja drat busi tertinggal ketika dikeluarkan dari mesin. Dan dalam kasus ini harus membuka cylinder head untuk melepasnya.

Solusinya pakailah busi yang disarankan oleh pabrikan dan beli busi di tempat yang terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar