Sabtu, 06 Oktober 2012

CARA PRAKTIS MERAWAT KROM


Krom memang bisa membuat motor lebih menarik perhatian. Tapi keteledoran perawatan atau penanganan krom bisa berujung fatal. Ada beberapa hal yang bisa merusak krom, diantarany angin/air laut, air hujan dan air aki. Bahan-bahan tersebut memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bisa dengan mudah menghancurkan krom. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau krom  bertahan lama:

Waspada di musim hujan
Perawatan ekstra memang dituntut pada saat musim hujan. Karena air hujan memiliki kandungan asam cukup tinggi dan mudah meninggalkan bercak atau noda bila tidak dibersihkan. Jika terkena hujan, segera cuci dengan shampo mobil atau shampo rambut, kemudian bilas dengan air bersih. Tidak dianjurkan menggunakan sabun deterjen atau sabun colek karena memiliki kandungan asam yang cukup tinggi.
Media murah kembalikan kilau krom

Ada banyak media murah yang bisa dijadikan sebagai pengkilap krom. Diantaranya bisa menggunakan kayu putih yang dituang ke kain lap bersih untuk digosokkan ke permukaan krom yang kotor dan dibiarkan menguap. Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap bersih.
Bisa juga dengan pasta gigi warna putih non gel. Siapkan lap katun yang halus dan bersih, lantas oleskan pasta gigi ke permukaan lap dan langsung lakukan pembersihan ke permukaan krom.
Btiran-butiran mikron pada pasta gigi secara otomatis akan membersihkan kotoran dan menghaluskan kembali permukaan krom yang kusam. Biarkan beberapa saat, kemudian gosok dengan lap bersih.
Bisa juga dengan bedak bayi atau tepung terigu, biasanya dipakai sebagai pengganti bubuk magnesium. Taburkan bedak dengan merata ke seluruh lapisan krom. Lalu lakukan pengelapan menggunakan dengan kain lembut.

Chrome polisher
Harganya sekitar 60-150 ribu per kemasan botol. Penggunaannya cukup sederhana yakni dengan bantuan media penggosok kertas bekas. Tuangkan polisher ke kertas bekas, gosok secara merata pada lapisan krom. Diamkan beberapa saat hingga kering, lanjutkan pembersihan dengan kain bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar