SISTEM PENDINGINAN MOTOR
Sistem Pendinginan Motor
1.
Tujuan
·
Membedakan sistem pendingin
udara dan sistem pendingin air.
·
Mampu menjelaskan
keuntungan dan kelemahan sistem pendingin udara.
2.
Alat dan Bahan
·
Sepeda Motor.
3.
Langkah Kerja
-
Pada sistem pendingin motor
umumnya yang digunakan adalah sistem pendingin udara tapi tidak jarang juga
sekarang banyak ditemui motor dengan sistem pendingin air.
-
Yang akan saya bahas kali
ini adalah sistem pendingin udara pada motor. Sistem pendingin diperlukan untuk
melepas panas yang diserap oleh bagian-bagian mesin itu sendiri. Perlu
diketahui bahwa panas yang dihasilkan pembakaran dalam mesin kira-kira hanya
25% yang diubah menjadi tenaga gerak, 45% hilang bersama gas buang, dan kurang
lebih 30% diserap oleh bagian-bagian mesin itu sendiri. Panas yang diserap oleh
mesin inilah yang harus dibuang untuk menghindari overheating.
sistem pendinginan luar |
sistem pendinginan dalam |
-
Adapun untuk memperoleh
pendinginan ada dengan cara pendinginan dalam dan pendinginan luar. Pada
pendinginan dalam yaitu melalui penguapan bahan bakar didalam silinder.
Sedangkan sistem pendinginan luar pada motor menggunakan cara radiasi, yaitu
panas motor dipindahkan ke udara luar secara langsung. Perpindahan panas ini
menggunakan media sirip-sirip yang ada di mesin, teorinya semakin tipis dan
luas sirip-sirip maka perpindahan panas akan semakin cepat.
-
Keuntungan sistem pendingin
udara:
·
Konstruksi lebih sederhana.
·
Biaya produksi relatif
murah.
·
Perawatan nyaris tidak ada.
-
Kerugian pada sistem
pendingin udara:
·
Pendinginan tidak merata.
·
Suara motor keras karena
getaran sirip-sirip.
4.
Kesimpulan
Tujuan dari materi
ini yaitu agar mampu membedakan sistem pendingin udara dan sistem pendingin
air. Pada sistem udara biasanya terdapat sirip-sirip pada mesin yang digunakan
sebagai media pelepas panas, akan tetapi sistem ini mempunyai kelemahan pendinginan
yang tidak merata dan suara motor yang keras disamping perawatannya yang nyaris
tidak ada.
Comments
Post a Comment