Sabtu, 06 Oktober 2012

TIPS MENGHEMAT ENERGI PADA KENDARAAN



 Saat ini banyak sekali piranti penghemat bbm yang ditawarkan. Padahal sebenarnya kita bisa menghemat bbm dengan Cuma-Cuma. Seperti yang di laporkan AutoBild Indonesia, hanya dengan mengubah gaya mengemudi, penghematan konsumsi bbm yang terjadi dapat mencapai 25%.
Berikut tips mengemudi hemat bbm
1.       Memanaskan mesin
Menjalankan mobil tanpa memanaskan mesin sama saja dengan memboroskan bbm karena pembakaran belum ideal. Sebaliknya, memanaskan mesin terlalu lama juga berarti membuang bbm sia-sia. Mobil modern hanya membutuhkan pemanasan 30-60 detik sebelum dijalankan.
2.       Menjaga putaran mesin
Putaran mesin terlalu tinggi bisa memboroskan bbm. Tapi putaran yang terlalu rendah juga bisa memboroskan bbm. Paling ideal, saat berjalan normal selalu tempatkan putaran mesin pada 2.000-3.500 rpm. Diputaran ini terdapat paduan konsumsi bbm dan tenaga optimal.
3.       Engine braking
99% mobil di pasaran menggunakan sistem injeksi elektronik. Maka dari itu cara ini tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan. Caranya dengan melepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dulu. Cara ini akan menghentikan suplai bbm secara total ke mesin. Berbeda jika transmisi di posisi netral, bensin akan tetap disuplai untuk tetap menjaga mesin tidak mati.
4.       Menjaga kecepatan konstan.
Pengereman dan akselerasi mendadak selalu membutuhkan energi besar. Dan pada mobil sumber energi ini adalah bahan bakar. Usahakan menyetir konstan tanpa menginjak rem atau gas mendadak. Membelokkan kemudi dengan lembut juga memberi kontribusi penghematan bbm, ketimbang membanting setir mendadak akan menurunkan kecepatan secara drastis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar