Sabtu, 13 Oktober 2012

TERMINOLOGI ISTILAH PADA KOMPUTER (1 DARI 2 ARTIKEL)

RAM
Acces Time, Timing
Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanosecond (ns) yang digunakan untuk menunjukan kecepatan suatu memory. Acces Time ini ditentukan, saat pertama CPU meminta data ke memory hingga waktu menerima data tersebut.
Bandwidth
Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data di dalam jaringan elektronik seperti Bus atau Channel. Lebih singkatnya yaitu data maksimal yang dapat dipindahkan dalam satu satuan waktu tertentu. Bandwidth ini biasanya diekspresikan dalam bit, byte, atau Hertz.
Buffered
Buffered ini maksudnya menambahkan komponen logika tambahan kedalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasintasi. Modul memory yang termasuk jenis buffered biasanya memiliki chip-chip buffer kecil tambahan pada board yang digunakan.
CAS
(Column Addres Select/Strobe) adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM, ditentukan oleh data yang berada pada pin-pin alamat ketika CAS aktif.
CAS Latency
Delay atau waktu tunda dari kecepatan sebuah memory sewaktu mentransfer data ke CPU. Semakin kecil nilai latency yang digunakan akan lebih tinggi kecepatan dan responnya lebih cepat serta transfer rate yang lebih besar.
Chipset Module
Adalah deretan chip yang terdapat pada keping memory. Kapasitas dan banyaknya chip tergantung dari besar kapasitas memory.
Heat Spreader
Pelindung modul chipset pada keping memory dari listrik statis yang terdapat pada tubuh manusia saat dilakukan pemasangan maupun pencopotan keping memory tersebut dali slotnya. Selain itu juga sebagai pendinginan untuk modul chipset jika terjadi overheat.
EPP
Kependekan dari Enhanced Performance Profiles adalah teknologi profil memory PC yang dikembangkan oleh nVIDIA. Teknologi ini didesain agar membuat proses overclocking menjadi lebih mudah.
XMP
Atau Xtreme Memory Profiles adalah teknologi profil untuk memory yang dikembangkan oleh Intel dan diproduksi bekerja sama dengan Corsair.

NOTEBOOK
BrightView
Suatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor LCD. Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas. Masing-masing produsen Notebook memiliki istilah-istilah yang berbeda untuk fasilitas yang serupa.
PC Card
Kartu ekspansi yang biasanya digunakan untuk notebook, sehingga notebook tersebut memiliki fungsi baru, seperti WLAN, Bluetooth, Sound dan lainnya. PC Card terbagi menjadi tiga jenis. Type I, Type II, Type III. Perbedaannya hanya pada tingkat ketebalannya. Type I memiliki ketebalan 3,3 mm biasanya digunakan sebagai kartu memory. Type II biasanya memiliki ketebalan 5 mm digunakan untuk alat-alat I/O, seperti modem, LAN dan lainnya. Untuk Type III memiliki ketebalan 10,5 mm biasanya digunakan untuk storage micro drive atau komponen yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.
Touchpad
Adalah alat input yang digunakan untuk menggerakan kursor pada layar melalui gerakan stimulasi jari yang menyentuh touchpad tersebut. Dari ukuran, touchpad biasanya tidak lebih dari 50 cm2.
PMCIA
Atau Personal Card Computer Memory Card Association adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan, dimana telah mengembangkan sebuah standar yang berukuran lebih kecil. Kurang lebih seukuran kartu kredit, dan biasa disebut sebagai PC Card yang digunakan untuk notebook.
SO-DIMM
Kependekan dari Small Outline-DIMM. Merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada notebook. SO-DIMM terbagi menjadi dua, pertama untuk yang memiliki jumlah pin 72 pin. Ia merupakan interface 32 bit. Ssedangkan untuk jenis 144 pin adalah memory dengan interface 64 bit.
TFT LCD
Penggunaan teknologi thin film transistor pada Liquid Crystal Display. Penggunan layar ini juga termasuk bagian yang disebut active matrix LCD.


MOOTHERBOARD
Chipset
Chips atau Chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Sebuah komponen komputer paling tidak memiliki sebuah potongan chips di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar pada komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan outout pada gambar monitor. CPU merupakan salah satu chips yang sangat penting. Chipset pada motherboard misalnya BX, i810, i820 dan banyak lagi.
FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Dan juga untuk mengkomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya.
HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari alumunium. Pemakainan fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan kinerja komputer.
Integrated Graphic Controller
Biasa disebut IGP (Integrated Graphic Port) oleh sebagian chip manufaktur. Adalah chip grafis yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama dengan video card biasa. Bedanya, pada IGP tidak memiliki chip memory sendiri, sehingga harus mengambil memory dari memory utama pada komputer. Tidak sedikit juga produsen yang mengimplementasikan chip memory khusus untuk IGP ini.
Slot
Tempat untuk menaruh perangkat tambahan peripheral pada motherboard. Seperti slot PCI-e, AGP, memory dan lain-lain.
Socket
Hampir sama dengan slot, tetapi basanya berupa dudukan processor berupa hamparan matriks dua dimensi.
Northbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP, PCI-e dan PCI. Chip lainnya adalah southbridge.
Southbridge
Salah satu dari dua chipset yang digunakan untuk mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power managemen dan perangkat lain.
IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware untuk menghubungkan Hard Disk, CD-ROM dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat popular dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.
IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data pada hard disk, CD-ROM dan sebagainya, serta memanajemennya.
LGA 775
Memiliki kepanjangan Land Grid Array, adalah jenis soket CPU yang banyak digunakan khususnya Intel, dimana kini berada di soket, bukan processor lagi. 775 merupakan angka banyaknya pin.

VIDEO CARD
API (Aplication Programming Interface)
Sebuah gabungan dan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi. Dengan adanya standar API ini, pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasinya berdasarkan arsitektur hardware tertentu. Intinya API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer) dengan hardware.
Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki chips grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hertz dan juga biasa ditambahkan cakupan seperti Mega (jutaan), Giga (milyaran), dan seterusnya.
Direct3D
Salah atu fungsi API pada Microsoft DirectX. API ini digunakan untuk kontrol terhadap rendering grafis 3D, contoh utamanya pada aplikasi game.
D-Sub
Standar output yang digunakan dari video card ke monitor sengan menggunakan koneksi 15 pin. Standar ini digunakan untuk karakteristik grafis analog.
DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog san kembali ke digital lagi.
GPU
Graphic Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar.
HDR
High Dynamic Range adalah prosedur renderring pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk jangkauan area yang dangat luas. Hal ini biasanya didapatkan dengan data floating point untuk tekstur dan target yang akan dirender juga termasuk penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang lebih menarik, namun mengaktifkan efek ini memiliki performance hit yang cukup besar bagi sebagian VGA.
Memory Clock
Sama seperti core clock, ia menunjukkan kecepatan kerja untuk chip memory dan dinyatakan dalam Hertz.
Pixel Pipeline
Unit dari sebuah GPU, tempat terjadinya transfer informasi pixel maupun pemrosesannya. Dimana semakin banyak pixel pipeline, maka semakin banyak pula pixel yang dapat diproses oleh GPU.
Vertex Processor
Vertex processor atau vertex pipeline adalah salah satu dari unit GPU yang berfungsi sebagai pembawa informasi geometri (dalam bentuk titik-titik vektor), atau juga langsung mengolahnya jika perlu. Pemrosesannya sendiri bisa dalam bentuk tetap (pada DirectX 7.0 ke bawah), atau dalam bentuk fungsi terprogram dengan vertex shader (DirectX 8.0 hingga terbaru)
 
HARD DISK

Acces Time
Waktu yang dibutuhkan untuk mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle hingga mendapatkan data tersebut.
Perpendicular Recording
Proses perekaman data di dalam harddisk dengan memposisikan arah magnetisme permukaan platter secara vertikal, dibandingkan dengan cara tradisional horizontal. Hal ini menyebabkan peningkatan density data yang dapat ditampung dalam sebuah platter hingga sepuluh kali lipat.
Density
Tingkat kepadatan penempatan data bit di dalam sebuah piringan data media penyimpanan (storage), termasuk pada harddisk.
ATA/133
Untuk sementara merupakan standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat yang berinterface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, Ultra DMA/133, UDMA 6 dll. Untuk mencapainya, dibutuhkan controller hard disk yang sudah mendukung, dan controller bus pada PC. Sedangkan dalam pengembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI-8. Density tingkat kepadatan penempatan data bit di dalam sebuah piringan data pada media penyimpanan, termasuk hard disk.
EIDE
Enhanced Integrated Drive Electronics, juga dikenal sebagai ATA (Advance Technology Attachment) atau ATAPI (Advance Technology Attachment Packet Interface) istilah pada jaman PC IBM AT memiliki kecepatan data transfer hingga 133 Mbps untuk standar ATA-133. Keterbatasan EIDE adalah panjang kabel yang hanya maksimal 18 inch (45 cm)
NCQ
Native Command Queueing merupakan command protocol yang pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat hard disk beroperasi.
SATA
(Serial Advance Technology Attachment) sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar device ke PC Bus. Berbeda dengan IDE yang menggunakan signal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel yang lebih panjang, ringkas dan transfer rate yang lebih cepat. Yang sebelumnya digunakan memiliki transfer rate 150 MB/s (SATA 150). Yang sekarang banyak digunakan adalah SATA II. Bahkan sekarang sedang banyak dikembangkan SATA III.

SOUND CARD
dB
decibel adalah amgka yang menunjukkan gain dari penguatan daya output suatu amplifier terhadap daya input.
Dolby
Lebih lengkapnya Dolby Laboratories, Inc. Adalah  perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat yang mengkhususkan dakam proses audio noise reduction dan audio encoding/compression. Contoh hasil kreasi Dolbu adalah format audio Dolby Digital Live yang menjadi standar audio multukanal untuk saat ini.
DTS
Digital Theater System, adalah format surround sound multi kanal milik DTS, inc. Yang digunakan pada aplikasi konsumer maupun komersil/teatrikal. Seperti ormat audio yang ada di bioskop maupun DVD.
SPEAKER
Coaxial
Adalah salaj satu bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio atau video. Kabe jenis ini memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin di tengah sebagai media pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berfungsi sebagai ground. Selain mengirimkan data analog, coaxial juga dapat mengirimkan data digital.
Decoder
Dapat berupa software maupun hardware, yang digunakan untuk mengubah data audio maupun video dari format bentuk digital ke bentuk format aslinya. Yang biasanya berbentuk data analog seperti suara maupun gambar.
Dolby Digital
Salah satu teknologi yang digunakan untuk menghasilkan suara surround digital. Biasanya, teknologi ini digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film-film di bioskop atau fil-film pada media kepingan seperti DVD.
Driver atau Tranducer
Adalah nama lain dari speaker itu sendiri, dimana tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya dipengaruhi oleh diameter membran speaker dengan satuan inch.
Equalizer
Alat untuk memperbaiki kualitas frekkuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lainnya.
High Level Frequency
Frekuensi yang berkisar antara 3 KHz dan 16 KHz atau di atasnya. Ia biasa disebut juga treble.
Middle High Frequency
Frekuensi menengah yang memiliki cakupan antara 250 Hz hingga 3 KHz.

COOLING DEVICE
Bearings
Dapat ditemukan dikebanyakan benda berputar yang dilengkapi dengan sebuah poros. Bertugas untuk memperkecil gesekan antara poros dengan sumbu putar. Pada fan, mengurangi gesekan pada dinamo fan. Ada berbagai macam bearing, antara lain sliding bearings (bushings), sleeve bearings, ball bearings, fluid/gas bearings, dan magnetic bearings.
Fin
Sirip pada heatsink , yang ditujukan untuk mempercepat proses pelepasan panas. Teorinya semakin tipis dan semakin banyak jumlah fin, akan mempercepat proses pelepasan panas. Selain dari faktor fan yang digunakan.
Heatpipe
Memungkinkan perpindahan panas melalui tube/pipa yang tertutup rapat. Biasanya, di dalam pipa ini juga dilengkapi cairan, yang lebih mengoptimalkan tingkatkan pendinginan. Mekanisme penghantar panas yang terbilang efisien penggunaannya pada PC. Terlebih karena mekanisme ini menekan tingkat kebisingan dari putaran fan.
Heatsink
Adalah sebuah objek yang ditempelkan pada komponen, dengan tujuan melepas panas yang dihasilkan dari komponen yang bersangkutan. Perpindahan panas dapat melalui proses induksi, konveksi maupun radiasi. Pada komponen PC, biasanya bahan yang digunakan sebagai heatsink adalah tembaga atau alumunium. Alumunium lebih murang dan ringan. Sedangkan tembaga memiliki kemampuan melepas panas lebih cepat. Untuk mempercepat proses pelepasan panas biasanya sebuah heatsink dilengkapi dengan fan.
Thermal Resistance
Kemampuan menghantarkan aliran panas dari material heatsink dalam satu satuan eaktu tertentu. Berdasarkan perbedaan suhu ruang sekitar. Satuan SI dinyatakan dalam K-m2/W (Kelvin meter persegi per Watt).

PSU
High Eficiency
Efisiensi pada PSU adalah rasio perbandingan antara daya yang masuk (input power), dibandingkan dengan daya yang dihasilkan (Output power). Semakin tinggi rasio efisiensi, makin sedikit panas yang dihasilkan PSU. Sedikit banyaknya akan mempengaruhi beban listrik, yang akan berpengaruh pada tagihan listrik juga. Ini juga memungkinkan tingkat kebisingan yang minim dibandingkan PSU dengan efisiensi rendah.
Active PFC
Karakteristik catuan daya arus bolak balik (AC) memiliki 2 macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang nonlinear. Sewaktu-waktu PSU dapat terbebani dengan high impulse, yang akan mempengaruhi tegangan masukkan (main voltage). Dengan active PFC, high impulse reactive power ini dapat ditekan seminimal mungkin. Active PFC memungkinkan transformer PSU mengkonsumsi daya secara proporsional, sesuai daya yang dibutuhkan. Di negara maju, fitur Active PFC mulai direncanakan menjadi fitur wajib untuk dapat memenuhi standarisasi Energy Star.
Power Factor
Rasio perbandingan antara active power dibanding total dari ative dan reactive power. Pada kebanyakan PSU, nilai power factor pada kisaran o,65. PSU dengan active PFC akan memiliki power factor 0,97-0,99.
Passive PFC
Merupakan cara paling sederhana untuk dapat memperbaiki power factor. Memanfaatkan rangkaian yang didominasi oleh choke. Kemampuan induktansinya dimanfaatkan untuk meredam high impulse yang terjadi pada nonlinear seperti pada PSU. Peningkatan power factor yang dapat diberikan oleh passive PFC tidak terlalu banyak. Jika PSU biasa memberikan power factor 0,65, dengan passive PFC power factor hanya meningkat pada kisaran 0,7-0,75. Keuntungannya ia lebih murah untuk dibuat.
 
Networking

802.11a
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 Ghz.
802.11b
Standar wireless network dengan maximum data tranfer rate 11 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz.
802.11g
Standar wireless network dengan maximum data tranfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz, dengan backward compatibility berperangkat 802.11b.
Acces Point
Suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat-alat lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirkabel.
Channel
Di dunia komunikasi, channel merujuk pada media yang digunakan untuk membawa informasi dari pengirim (transmitter) ke penerima (receiver).
DSP
Digital Signal Processing, suatu teknik yang digunakan untuk memproses signal data digital. Teknik ini biasanya digunakan lingkup data audio, video, atau juga dalam bidang komunikasi. Dimana bertujuan untuk dapat meng-alter sinyal-sinyal data tersebut sehingga memiliki output sesuai dengan yang diharapkan.
Ethernet
Suatu protokol LAN yang dikembangkan Xerox Corporation bersama DEC dan Intel pada tahun 1976. Protokol ini adalah salah satu standar LAN yang paling banyak digunakan.
Firewall
Firewall adalah yang menentukan informasi yang akan keluar dan masuk yang melaluinya. NAT akan menyembunyikan lokal IP dari network di luar firewall. Ini akan mengamankan client, untuk diakses dari luar firewall, ataupun melihat file-file di dalamnya.
Gateway
Network point yang tugasnya mengatur traffic data pada network, juga melakukan koneksi dengan internet atau network lain.
IEEE
Institute of Electrical and Electronics Engineers yang menentukan banyak standarisasi, termasuk untuk networking. IEEE standar akan memudahkan memastikan kompatibilitas antar sistem.
Hotspot
Area atau gedung dimana jaringan internet dapat diakses melalui PC atau Laptop berstandar 802.11x dengan seminimal mungkin melakukan konfigurasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar